KRL di Indonesia



KRL atau Kereta Rel Listrik ada Juga di indonesia mau Tau ????


Tiga macam kereta rel listrik di stasiun Bogor. Dari kiri ke kanan, KRL buatan Jepang tahun 1983/1984, KRL buatan Belanda-Belgia tahun 1996, dan KRL buatan Jepang tahun 1986/1987

Kereta Rel Listrik, disingkat KRL, merupakan kereta yang bergerak dengan sistem propulsi motor listrik.

Di Indonesia, kereta rel listrik terutama ditemukan di kawasan Jabotabek, dan merupakan kereta yang melayani para komuter (lihat KRL Jabotabek).

Di Hindia Belanda, kereta rel listrik pertama kali dipergunakan untuk menghubungkan Batavia dengan Jatinegara atau Meester Cornelis pada tahun 1925. Pada waktu itu digunakan rangkaian kereta rel listrik sebanyak 2 kereta, yang bisa disambung menjadi 4 kereta, yang dibuat oleh Werkspoor dan Heemaf Hengelo.

Pada tahun 1960-an kereta api dengan tenaga listrik sempat tidak digunakan selama beberapa lama karena kondisi mesin lokomotif dan kereta yang tidak memadai lagi. Pada tahun 1976, PJKA mulai mendatangkan sejumlah kereta rel listrik dari Jepang.

Kereta rel listrik yang kini digunakan di Indonesia dibuat pada tahun 1976, 1978, 1983, 1984, 1986, 1987, 1994, 1996, 1997, 1998, 1999, 2000 dan 2001. Pada saat ini juga digunakan sejumlah kereta rel listrik yang merupakan hibah dari Pemerintah Kota Tokyo, dan sejumlah kereta yang dibeli bekas dari Jepang.

PT Inka yang terletak di Madiun telah dapat membuat dua set kereta rel listrik yang disebut KRL-I Prajayana pada tahun 2001. Kereta rel listrik ini belum dibuat lebih banyak lagi, karena tidak ekonomis. Bagi PT Kereta Api, tampaknya lebih ekonomis untuk membeli KRL bekas dari Jepang.

Pada saat ini kereta rel listrik melayani jalur-jalur Stasiun Jakarta Kota ke Bekasi, Depok dan Bogor, Tangerang, dan Serpong. Di masa depan direncanakan bahwa KRL akan melayani pula stasiun Cikarang. Selain itu, jalur dari Tanah Abang menuju Serpong sedang dalam proses ditingkatkan menjadi jalur rel ganda, sedang dari Manggarai sampai dengan Cikarang akan ditingkatkan menjadi Double-Double-Track. Manggarai sendiri akan menjadi Stasiun induk untuk Kereta Jabotabek dan kereta Bandara.

KRL di Indonesia saat ini ada 11 Jenis antara lain :
1. KRL Rheostatik seri 115 buatan Jepang
2. KRL Rheostatik seri 6000 buatan Jepang
3. KRL Rheostatik seri 8000 buatan Jepang
4. KRL Rheostatik seri 8500 buatan Jepang
5. KRL Rheostatik seri 1000 buatan Jepang
6. KRL Rheostatik seri 5000 buatan Jepang
7. KRL Rheostatik seri JR103 buatan Jepang
8. KRL VVVF Holec BN buatan Belgia Nederland
9. KRL VVVF Hyundai buatan Korea
10. KRL VVVF Hitachi buatan Jepang
11. KRL VVVF Indonesia rakitan Indonesia KRL rheostatik menggunakan traksi motor (motor listrik) DC berpenguatan seri kecuali KRL rheostatik seri 8000 dan 8500 menggunakan motor DC compound shunt panjang. KRL VVVF mengunakan traksi motor (Motor listrik industri 3 phasa)

Sumber energinya adalah tegangan 1500 VDC yang berasal dari gardu listrik.

Dari PLN (20KV) --> trafo step down (20 KV/1200V) --> disearahkan menjadi 1500V dc

0 komentar:

Posting Komentar